Wednesday, 12 June 2013




USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


SOSIALISASI POLA HIDUP BERSIH (POHIBER) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI DUKUH BUTUH, CUCUKAN, PRAMBANAN

PKM-M


Diusulkan oleh:

1.      Nico Fergiyono                12413244014              Angkatan 2012
2.      Vani Oktaviyani              09201241021              Angkatan 2009



UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2013
  
HALAMAN PENGESAHAN
USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan : SOSIALISASI POLA HIDUP BERSIH (POHIBER) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI DUKUH BUTUH, CUCUKAN, PRAMBANAN

2.      Bidang Kegiatan   : (  )PKMP                              (  )PKMK
   (  )PKMT                              (√)PKMM
3.      Bidang Ilmu          : (√)Kesehatan                        (  ) Pertanian
   (  ) MIPA                             (  ) teknologi & rekayasa
   (  ) Sosial ekonomi               (  ) Humaniora
   (  ) pendidikan
4.      Ketua Pelaksana Kegiatan
  1. Nama Lengkap                                    : Nico Fergiyono
  2. NIM                                                    : 12413244014
  3. Jurusan                                                : Pendidikan Sosiologi
  4. Universitas/Institut/Politeknik            : Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Alamat rumah dan No Telp/Hp          : Mrican, Yogyakarta/085769719139
  6. Alamat E-mail                                     : nicofergiyono@gmail.com
5.      Anggota Pelaksana Kegiatan                    : 1 (tiga) orang
6.      Dosen Pendamping
  1. Nama Lengkap dan Gelar                   : Nur Hidayah, S.Sos.,M.Si.
  2. NIDN                                                  : 0025017705
  3. Alamat rumah dan No Telp/Hp          : Kadipiro, RT 08, No. 229
  Yogyakarta/081392929465
7.      Biaya Kegiatan Total
  1. Dikti                                                    : Rp 12.500.000,00
8.      Jangka Waktu Pelaksanaan Program        : 3 (tiga) bulan

Yogyakarta, 6 juni 2013
Menyetujui,
Ketua Jurusan P. Sosiologi                                       Ketua Pelaksana Kegiatan




Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A                                         Nico Fergiyono
NIP.19820117 200604 1 002                                     NIM.12413244014

Wakil Rektor III UNY                                             Dosen Pendamping




Dr. Sumaryanto, M.Kes                                              Nur Hidayah, S.Sos.,M.Si.
NIP. 19650301 199001 1 001                                                NIDN. 0025017705


A.    JUDUL
SOSIALISASI POLA HIDUP BERSIH (POHIBER) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI DUKUH BUTUH, CUCUKAN, PRAMBANAN

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Banyak permasalahan yang timbul di lingkungan sekitar masyarakat sekarang ini, seperti contohnya kenakalan remaja, tingginya tingkat kriminalitas, dan juga pola hidup bersih di lingkungan masyarakat. Banyaknya warga masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka dapat membahayakan bagi kesehatan lingkungan masyarakat sekitar. Pola hidup bersih (pohiber) masyarakat yang kurang terjaga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang ada, seperti penyakit kulit, diare, gangguan pernapasan, bahkan yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini adalah demam berdarah. Banyak sekali penyakit yang muncul akibat pola hidup masyarakat yang tidak bersih, serta tidak memperdulikan lingkungan tempat tinggal mereka.
Munculnya berbagai penyakit ini banyak terjadi pada masyarakat pedesaan yang kurang memperdulikan kebersihan lingkungan sekitar dan pola hidup mereka  Hal inilah yang mengakibatkan mereka mudah terserang berbagai penyakit. Banyak dari masyarakat yang membuang sampah sembarangan, yang tidak mengubur kaleng-kaleng bekas, yang tidak menguras bak mandi mereka, yang tidak memperhatikan kebersihan kandang hewan peliharaan mereka. Kehidupan lingkungan masyarakat di desa yang seperti itu dan sudah menjadi kebiasaan setiap harinya seringkali melupakan hal sepele yang dapat menimbulkan banyak masalah seperti halnya, mencuci tangan sebelum makan. Hal itu bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang diderita warga masyarakat itu sendiri.
Berdasar pernyataan Kepala Desa Cucukan Bapak Heru Pramana, permasalahan yang paling banyak ditemui di desa Cucukan adalah permasalahan yang berkaitan dengan  sampah. Lahan pekarangan yang sempit dan keterbatasan biaya untuk membeli bak sampah di depan rumah warga yang menyebabkan permasalahan ini menjadi permasalahan pokok di desa Cucukan.
Melihat latar belakang masalah tersebut, muncul kepedulian kami terhadap warga masyarakat untuk mengadakan sosialisasi pola hidup bersih demi kesejahteraan masyarakat dan menciptakan generasi masyarakat yang peduli akan kesehatan. Hal itu kami lakukan agar warga masyarakat lebih peduli terhadap pola hidupnya, dan agar mengurangi berbagai panyakit yang mungkin saja dapat ditimbulkan akibat pola hidup yang tidak sehat. Khususnya mengenai masalah penanganan sampah, kami berencana mensosialisasikan serta mengadakan pembelian bak sampah, agar warga dapat mengatasi masalah sampah yang ada, serta penggolongan sampah sesuai dengan jenisnya. Agar nantinya sampah-sampah itu bias dimanfaatkan, diolah kembali dan dijual sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan pola hidup bersih bagi masyarakat.

C.    RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu :
1.         Bagaimana memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang pentingnya pohiber guna menjaga kesehatan masyarakat?
2.         Apa sajakah pohiber yang harus diterapkan oleh masyarakat?
3.         Bagaimana cara membujuk warga masyarakat agar mau melaksanakan dan menerapkan pohiber tersebut?
4.         Bagaimana mengatasi permasalan sampah yang ada dan bagaimana memanfaatkannya kembali sehingga berguna bagi masyarakat?

D.    TUJUAN
Tujuan dari program ini adalah:
1.         Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan pohiber untuk menjaga kesehatan warga masyarakat.
2.         Memberikan penyuluhan terhadap warga masyarakat tentang apa sajakah pohiber bersih yang harus dilakukan setiap harinya.
3.         Memberikan kesadaran kepada masyarakat agar mau melaksanakan penerapan pohiber.
4.         Memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan sampah yang ada dan pemanfaatanya sehingga bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah adanya kesadaran dari warga masyarakat tentang pola hidup bersih yang harus diterapkan dalam masyarakat demi menciptakan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan generasi masyarakat yang peduli kesehatan, serta mengurangi resiko terhadap timbulnya berbagai macam penyakit. Sehingga dalam jangka waktu panjang pola hidup bersih sudah tertanam dalam diri semua warga masyarakat dan dari situ diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera dan bebas dari penyakit.

F.     KEGUNAAN PROGRAM
Dengan adanya program Sosialisasi Pola Hidup Bersih (Pohiber) Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Dukuh Butuh, Cucukan, Prambanan” diharapkan berguna bagi masyarakat untuk:
1.      Membuka wawasan masyarakat untuk menerapkan pohiber di dalam masyarakat.
2.      Menciptakan suatu generasi masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan peduli terhadap lingkungan tempat tinggal mereka.
3.      Menciptakan suatu lingkungan masyarakat yang bebas dari ancaman berbagai macam penyakit.
4.      Meningkatkan kualitas kesehatan di dukuh Butuh, Cucukan, Prambanan.

G.    GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Kondisi masyarakat di Dukuh Butuh, Cucukan, Prambanan, Klaten merupakan daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting sebagai penunjang bagi terlaksananya setiap kegiatan dan pekerjaan, tidak terkecuali bagi para petani.
Pada umumnya, setiap warga masyarakat di dukuh Butuh memiliki hewan ternak peliharaan yaitu sapi. Sapi ini biasanya ditempatkan di perkumpulan kandang kelompok atau di rumah masing-masing warga. Umumnya kebersihan kandang hewan ternak, baik di perkumpulan kandang kelompok maupun kandang di rumah masing-masing warga kurang terjaga kebersihannya. Sehingga hal itu dapat menimbulkan berbagai macam  penyakit.
Penyakit dapat disebabkan oleh kurang baiknya pemeliharaan lingkungan. Penyebaran penyakit dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Terlaksananya usulan program ini bermaksud memberikan penyuluhan tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat, untuk mengurangi berbagai macam ancaman penyakit yang ada. Selain terlaksananya penyuluhan pola hidup bersih (pohiber), dalam program ini juga dimaksudkan untuk sebuah target yaitu pengadaan bak-bak sampah di beberapa titik tempat strategis sehingga mampu mengurangi penyebaran penyakit, sesuai dengan target pelaksanaan program kegiatan.

H.    Metode Pelaksanaan Program
Metode pengembangan yang akan dilaksanakan merupakan sebuah rangkaiantahapan yang disusun secara sistematis, diantaranya :
1.      Persiapan
a.       Membentuk kerja sama dengan aparat desa setempat.
b.      Membentuk kerjasama dengan pengisi materi (dari Dinas Kesehatan/dokter).
c.       Menyiapkan materi.
2.      Pelaksanaan
a.       Sosialisasi kepada masyarakat Dukuh Butuh, Cucukan, Prambanan, Klaten tentang pohiber berupa penyuluhan mengenai penggunaan sarung tangan dan sepatu boot ketika membersihkan kandang.
b.      Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan sebagai contohnya mencuci tangan menggunakan sabun.
c.       Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan mengumpulkan sampah dan memilah sesuai jenisnya.
d.      Sosialisasi mengenai pentingnya penerapan pola hidup bersih di masyarakat.
3.      Evaluasi
4.      Laporan akhir



I.       JADWAL KEGIATAN
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan atau 12 minggu (75 hari efektif)  dengan rincian jadwal sebagai berikut:
No
Jenis Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Advokasi dan sosialisasi ke Camat, Dinas kesehatan/ Dokter, Kepala Desa, Ketua RW, dan ketua RT












2
Survey lokasi











3
Sosialisasi pohiber kepada masyarakat












4
Pelaksanaan pohiber












5
Evaluasi Program












6
Penyusunan laporan akhir













J.      RANCANGAN BIAYA
Rancangan biaya yang digunakan dalam PKMM ini adalah sebesar Rp 12.500.000,- (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) dengan rincian sebagai berikut:

1.      Prasosialisasi dan prapenyuluhan

a.       Kesekretariatan
Ø  Publikasi                                                                Rp.     200.000,-
Ø  Alat tulis, map, Amplop, materai dan lain-lain     Rp.     200.000,-
Ø  Penyusunan laporan                                              Rp.     150.000,-
Ø  Foto copy materi                                                   Rp.     700.000,-
b. Transportasi                                                                         Rp.     300.000,-
c. Komunikasi (Hp, internet, dan lain-lain)                             Rp.     150.000,-
d. Perizinan dan survey                                                           Rp.     200.000,-

2.      Sosialisasi dan penyuluhan
a.       Fee pembicara (3 orang)                                                    Rp.     600.000,-
b.      Sound system                                                                    Rp.     300.000,-
c.       LCD proyektor                                                                 Rp.     150.000,-
d.      Sewa Laptop dan kamera                                                 Rp.     300.000,-
e.       Sewa kursi dan tenda                                                        Rp.  1.500.000,-
f.       Konsumsi (makan)
Panitia 15 x Rp 8.000,-                                                     Rp.     120.000,-
Peserta 130 x Rp 8.000,-                                                   Rp.  1.040.000,-
Tamu undangan dan pembicara 7 x 10.000,-                    Rp.       70.000,-
g.      Konsumsi (snack)
Panitia 15 x Rp 3000                                                        Rp.       45.000,-
Peserta 130 x Rp 3000                                                      Rp.     390.000,-
Tamu undangan dan pembicara 7 x 6.000,-                      Rp.       42.000,-
h.      Konsumsi (minum)                                                            Rp.     200.000,-
i.        Sewa listrik                                                                       Rp.       50.000,-

3.      Pelaksanaan
a.       Pembelian kotak sampah
·         Organik (30 x 60.000)                                                   Rp.  1.800.000,-
·         Anorganik (30 x 60.000)                                               Rp.  1.800.000,-
·         Kaca dan kaleng (30 x 60.000)                                      Rp.  1.800.000,-
b.      Pembelian sabun cuci tangan                                            Rp.     200.000,-


4.      Lain – lain
Biaya tak terduga                                                                    Rp.     193.000,-


Total biaya kegiatan                                           Rp.  12.500.000,-


  

K.    LAMPIRAN
1)      Biodata Ketua:
1.      Nama Lengkap                  : Nico Fergiyono
2.      NIM                                  : 12413244014
3.      TTL                                   : Sukosari, 02 Oktober 1994
4.      Alamat                              : Mrican, Yogyakarta
5.      Jenis kelamin                     : Laki-Laki
6.      Agama                               : Kristen
7.      No. HP                              : 085769719139         
8.      E-Mail                               : nicofergiyono@gmail.com
9.      Jurusan                              : Pendidikan Sosiologi
10.  Universitas                        : Universitas Negeri Yogyakarta
11.  Angkatan                          : 2012
12.  Waktu untuk kegiatan       : 12 jam/minggu

Riwayat organisasi :
1.      Anggota UKM PSM (Paduan Suara Mahasiswa) “Swara Wadhana” UNY 2012
2.      Staff ahli HRD HIMA Pendidikan Sosiologi 2012




Ketua Pelaksana kegiatan



(  Nico Fergiyono  )   
NIM.12413244014



2)      Biodata Anggota 1:
1.      Nama Lengkap                  : Vani Oktaviyani
2.      NIM                                  : 09201241021
3.      TTL                                   : Sukosari, 19 Oktober 1990
4.      Alamat                              : Kepuh, Yogyakarta
5.      Jenis kelamin                     : Perempuan
6.      Agama                               : Kristen
7.      No. HP                              : 081541415278         
8.      E-Mail                               : vanoce@yahoo.com
9.      Jurusan                              : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
10.  Universitas                        : Universitas Negeri Yogyakarta
11.  Angkatan                          : 2009
12.  Waktu untuk kegiatan       : 12 jam/minggu

Riwayat organisasi :
1.      Anggota UKM PSM (Paduan Suara Mahasiswa) “Swara Wadhana” UNY 2009 – sekarang
2.      Bendahara UKM PSM “Swara Wadhana” UNY 2009



Anggota 1



(  Vani Oktaviyani  )   
NIM.09201241038





13.  Biodata Pendamping
1.      Nama Lengkap                  : Nur Hidayah, S.Sos.,M.Si.
2.       NIP                                  : 197701252005012001
3.      NIDN                                : 0025017705
4.      Alamat                              : Kadipiro, RT 08 No. 229
  Yogyakarta.
5.      Jenis kelamin                     : Perempuan
6.      Agama                               : Islam
7.      No handphone                  : 081392929465
8.      E-mail                                : nurhidayah77@gmail.com
9.      Golongan Pangkat             : PenataIII/C
10.  Jabatan Fungsional            : Lektor
11.  Jabatan Struktural             : Sekertaris Jurusan Pendidikan Sosiologi
12.  Fakultas/Jurusan                : FIS/ Pendidikan Sosiologi
13.  Bidang Keahlian               : Sosiologi Politik
14.  Waktu untuk kegiatan       : 6 jam/minggu


     





Dosen pendamping



Nur Hidayah, S.Sos.,M.Si.
NIDN. 0025017705



Gambaran Teknologi yang akan Diterapkembangkan

            Dalam program ini direncanakan ada 2 kegiatan yang rencananya akan dilakukan yang pertama adalah sosialisasi berupa penyuluhan tentang pola hidup bersih, dalam kegiatan ini rencananya sosialisasi dan penyuluhan akan diadakan di lapangan dan akan menyewa tenda serta kursi, hal ini dikarenakan jika di dalam ruangan dikhawatirkan tidak mencukupi untuk peserta yang datang. Lalu setelah itu pihak dari dinas kesehatan atau dari dokter akan mengisi sosialisasi dan penyuluhan tersebut dengan memberikan materi-materi.
            Kegiatan kedua adalah tahap pelaksanaanya, yaitu ketika warga masyarakat sudah disosialisasi dan sudah diberi penyuluhan maka minggu ke-4 sampai dengan ke-10 adalah tahap uji coba pelaksanaan dan penerapan pola hidup sehat yang sudah disosialisasikan.


Surat Perjanjian Kerja Sama

Yang bertanda tangan di bawah ini kami:
1.      Nama         : Nico Fergiyono
Jabatan      : ketua penyusun proposal PKM
Alamat      : Mrican, Yogyakarta
Selanjutnya  disebut sebagai pihak satu
2.      Nama         : Heru Pramana
Jabatan      : Kepala desa
Alamat      : Dk. Butuh, Cucukan, Prambanan, Klaten
Selanjutnya disebut sebagai pihak dua.
            Kedua belah pihak akan melakukan kerja sama dalam kegiatan “Sosialisasi Pola Hidup Bersih (Pohiber) Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Dukuh Butuh, Cucukan, Prambanan” yang diajukan pihak I  kepada Dirjen  Dikti Depdiknas Republik Indonesia di Jakarta apabila diterima untuk didanai.
            Demikian surat kerja sama ini dibuat dan telah mendapat perhatian sesuai kesepahaman dan kesepakatan.


Prambanan ,6 Juni 2013

PIHAK II                                                                               PIHAK I



Heru Pramana                                                                         Nico Fergiyono          








0 comments:

Post a Comment