Tuesday, 23 April 2013



1.      Contoh kutipan kalimat langsung

Terkait dengan berbagai wujud kelompok manusia Koentjaraningrat (2009: 113) menyatakan bahwa “ragam tingkah laku manusia memang bukan disebabkan karena cirri-ciri ras, melainkan karena kelompok-kelompok tempat manusia itu bergaul dan berinteraksi”.

2.      Contoh kutipan kalimat tidak langsung

Peserta didik, pendidik dan tujuan pendidikan merupakan komponen sentral dalam pendidikan (Siswoyo, 2011: 83). Karena dalam suatu proses pendidikan, pendidik dan juga peserta didik mempunyai tujuan tertentu yang hendaknya dicapai untuk kepentingan peserta didik.

3.      Contoh penulisan daftar pustaka

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Siswoyo, Dwi., dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
4.      Contoh penulisan daftar pustaka dengan empat pengarang

Rukiyati., dkk. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.
Izzaty, Rita E., dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Amirin, Tatang M., dkk. 2010. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

5.      Contoh penulisan daftar pustaka pada buku terjemahan

Weber, Max. 1946. Sosiologi. Terj. Sociology oleh Noorkholis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tubbs, Strewart L., dan Sylvia Moss. 1996. Human Communication atau komunikasi insane. Terj. Deddy Mulyana. Bandung: Rosda Karya.

6.      Contoh penulisan daftar pustaka pada jurnal

Muryanti. 2012. “ Islam dan Gerakan Sosial dalam jurnal Sosiologi Reflektif Karya  Napsiah”. FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Vol. 6, Nomor 2, April 2012.

Jurdi, Syarifuddin. 2006. “Menggagas Paradigma Sosiologi Integratif dalam jurnal Sosiologi Reflektif Karya Sulistyaningsih. FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Vol. 1, Nomor 1, Oktober 2006.

7.      Contoh penulisan daftar pustaka pada internet

Istiqfaiyah, Lyli. 2013. Pengertian sosialisasi menurut para ahli. Diakses dari http://lilyistigfaiyah.blogspot.com/2013/01/pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli.html pada tanggal 15 April 2013.
Sukarjo. 2013. Pengertian Sosiologi. Diakses dari http://sosiologibse.blogspot.com/2013/03/pengertian-sosiologi.html pada tanggal  14 April 2013.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Salah satu hal yang kini sedang menjadi sorotan di dunia perkembangan teknologi komunikasi adalah munculnya telepon pintar (smartphone) jenis BlackBerry, disertai maraknya penggunaan BlackBerrry dikalangan mahasiswa yang dirasa hanya sebagai penunjang gaya hidup zaman sekarang ini. Blackberry merupakan telepon genggam yang membawa daya tarik tersendiri dengan cara menawarkan segala macam kemudahan serta fitur-fitur yang lengkap di banding telepon-telepon genggam lainya.

BlackBerry telah menjadi fenomena baru sebagai perangkat pintar telekomunikasi selular. BlackBerry menyediakan fitur-fitur yang beragam yang membuat komunikasi lebih mudah dan menyenangkan. BlackBerry telah berhasil menembus pasar dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa. Karya tulis ini berusaha menganalisis pemakaian BlackBerry oleh mahasiswa FIS UNY berkaitan dengan perubahan sosial dan budaya setelah munculnya trend BlackBerry ini muncul.

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana peran BlackBerry sebagai gaya hidup mahasiswa FIS UNY ?
2.      Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan BlackBerry bagi mahasiswa FIS UNY?

C.     TUJUAN

Sesuai dengan rumusan masalah yang kami ambil, maka tujuan yang ingin dicapai kelompok kami dalam penelitian ini adalah:
1.      Mendeskripsikan peran BlackBerry sebagai gaya hidup mahasiswa FIS UNY.
2.      Mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan BlackBerry bagi mahasiswa FIS UNY.

D.    MANFAAT PENELITIAN

Hasil penelitian ini diharapkkan dapat memberi manfaat sebagai berikut:

1.      Manfaat Teoritis
a.       Hasil penelitian ini diharapkkan dapat memberi manfaat bagi program studi pendidikan sosiologi untuk memberikan referensi dalam pengkajian masalah-masalah sosial budaya.
b.      Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu sosiologi terutama dalam bidang kebudayaan.
c.       Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian-penelitian yang relevan lainnya.

2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Mahasiswa
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan informasi dan menambah pengetahuan tentang manfaat  ataupun dampak negatif penggunaan BlackBerry bagi mahasiswa FIS UNY.

b.      Bagi Peneliti
1.      Penelitian ini dilaksanakan guna memenuhi tugas mata kuliah perubahan sosial budaya.
2.      Menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti dalam terjun ke masyarakat sehingga penelitian ini dapat dijadikan bekal untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya maupun membantu kami dalam proses Kuliah Kerja Lapangan nantinya.

c.       Bagi Masyarakat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat khusunya mahasiswa FIS UNY mengenai manfaat  ataupun dampak negatif penggunaan BlackBerry bagi mahasiswa FIS UNY.


 


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Tinjauan mengenai BlackBerry

BlackBerry merupakan Perangkat Selular atau handphone pintar (smartphone) yang memiliki kemampuan layanan Push E-Mail, Telepon, Sms, menjelajah internet (browsing), juga berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Belakangan ini penggunaan blackberry yang begitu canggih dan lebih dari handphone sederhana ini begitu fenomenal, sampai-sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion meskipun tidak semua pengguna blackberry menggunakan secara maksimal blackberry nya misalnya hanya digunakan untuk telepon dan SMS saja tanpa memanfaatkan fitur-fitur yang ada.

Yang menjadikan handphone blackbbery begitu canggih dan berbeda dari handphone pintar lainnya adalah adanya fasilitas push e-mail. Dengan fasilitas push e-mail semua email yang masuk dapat langsung diteruskan ke handphone blackberry. Selain itu email juga telah dikompresi dan discan di server blackberry sehingga email yang masuk telah berukuran lebih kecil dan aman dari virus. sebagai contoh email yang berukuran asli 1 Mb jika diterima dengan fasilitas push e-mail blackberry bisa menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. Blackberry juga bisa dengan mudah menampilkan lampiran file yang berformat PDF ataupun microsoft office seperti word, excel.
fasilitas push email Blackberry juga terus tersambung ke akun email anda, sehingga anda tidak perlu repot - repot membuka browser untuk membuka satu persatu email yang masuk, atau memeriksa email baru
Kelebihan lainya handphone blackberry adalah kemampuannya yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memory tersisa.
BlackBerry dapat juga digunakan untuk chatting dengan menggunakan aplikasi blackberry messenger. dengan blackberry messenger bisa digunakan untuk chating dengan akun yahoo, g talk dan layanan IM lainnya, namun itu dilakukan menggunakan jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas atau Nomor PIN blackberry. Semua layanan yang ada pada blackberry tersebut terkenal sangat aman baik itu layanan e-mail, chatting ataupun browsing, sebagai tambahan untuk browsing data data dari situs yang dikunjungi juga telah dikompresi sehingga akan tampil lebih cepat.


B.     Tinjauan mengenai Globalisasi

Globalisasi merupakan suatu proses dibentuknya suatu tatanan, aturan, dan sistem yang berlaku bagi seluruh bangsa-bangsa di dunia. Globalisasi tidak mengenal batas-batas wilayah, bahkan tidak mengenal aturan lokal, regional, kebijakan Negara yang dapat mengurangi ruang gerak masuknya nilai, ide, pikiran atau gagasan yang dianggap sudah merupakan kemauan masyarakat dunia harus dihilangkan (Sunarso, 2008:221). Globalisasi berlaku disemua bidang kehidupan, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya.

Globalisasi digambarkan sebagai semua proses yang merujuk kepada penyatuan seluruh warga dunia menjadi sebuah kelompok masyarakat global. Namun, pada kenyataanya globalisasi merupakan sebuah penyatuan yang bersifat semu, karena nilai-nilai sosial, ekonomi, dan budaya di dominasi oleh nilai-nilai yang sebenarnya asing bagi mayoritas warga dunia.

Dengan didukung teknologi komunikasi yang begitu canggih, dampak globalisasi tentu sangat kompleks. Kemajuan teknologi ini akan memungkinkan tiap individu memperoleh informasi darimanapun dalam waktu yang singkat. Interaksi antar individu juga semakin meningkat dan melampaui batas-batas negara. Berbagai barang dan informasi dengan berbagai tingkatan kualitas tersedia untuk dikonsumsi. Akibatnya akan mengubah pola pikir, sikap, dan tingkah laku manusia. hal seperti ini kemungkinan juga dapat mengakibatkan perubahan dalam aspek kehidupan, antara lain hubungan kekeluargaan, kemasyarakatan, kebangsaan, atau secara umum berpengaruh padasistem budaya bangsa.

Ada dua hal sekaligus yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi. Pertama, globalisasi informasi, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial maupun budaya yang diakibatkan oleh luasnya dan cepatnya jaringan komunikasi. Kedua, semakin menonjolnya peran satuan-satuan kecil dalam masyarakat, seperti suku, golongan, kelompok bahkan individu yang diakibatkan makin mudahnya individu memperoleh informasi lengkap yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan bagi diri sendiri, kelompok, suku ataupun golongan (Sunarso, 2008: 227).

Globalisai informasi disatu pihak memang menambah khasanah pengetahuan sebagai bahan pertimbangan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Akan tetapi, informasi yang tersiar dalam proses globalisasi itu tentu memuat kepentingan-kepentingan, nilai-nilai budaya ataupun ideologi-ideologi dari sumber-sumber informasi tersebut. Kepentingan-kepentingan tersebut tentu tidak sepenuhnya sejalan dengan kepentingan nasional dan nilai-nilai budaya bangsa. Begitu pula makin besarnya peranan kelompok, golongan, suku bahkan individu mempunyai arti positif dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya Indonesia. Akan tetapi, juga menimbulkkan kewaspadaan karena dapat menjurus kearah pengagungan individu, pendewaan kelompok, merosotnya toleransi beragama, nasionalisme berkurang, dan sikap-sikap eksklusif lainnya.

Menurut Sunarso (2008: 226) secara lebih rinci dampak globalisasi bagi Indonesia baik yang bersifat positif ataupun negatif dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
a.       Indonesia menjadi lebih mudah mendapatkan barang, jasa, maupun informasi yang diperlukan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
b.      Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa menjadi pasar yang termudah bagi negara-negara lain.
c.       Globalisasi dengan isu utamanya demokratisasi dan hak asasi manusia, tanpa sikap waspada masyarakat akan termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang berkedok demokrasi, hak asasi dan kebebasan.
d.      Globalisasi menjadi media yang praktis bagi menyebarnya nilai-nilai budaya asing kedalam wilayah Indonesia, yang harus diwaspadai tentu nilai-nilai yang bersifat negatif.

C.     Tinjauan mengenai Perubahan Sosial

Masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan, karena masyarakat bersifat dinamis. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat menyangkut dua bentuk umum yaitu perubahan structural dan perubahan proses. Perubahan struktural menyangkut perubahan yang sangat mendasar dan seringkali melibatkan reorganisasi unsur-unsur dari kehidupan masyarakat. perubahan proses tidak menyagkut perubahan mendasar. Perubahan ini hanyalah berupa modifikasi dari perubahan dasar yang pernah terjadi (Taneko, 1984: 155).

Bentuk perubahan sosial dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, antara lain (Soekanto, 2007: 271-274):
1.      Perubahan-perubahan yang terjadi secara lambat dan secara cepat
Perubahan yang memerlukan waktu yang lama dimana terdapat suatu rentetan-rentetan perubahan yang saling mengikuti secara lambat disebut evolusi. Perubahan yang cepat, yang mengenai dasar-dasar atau sendi-sendi pokok dari kehidupan masyarakat disebut Revolusi.

2.      Perubahan-perubahan yang pengaruhnya kecil dan perubahan-perubahan yang pengaruhnya besar.
Perubahan-perubahan yang kecil pengaruhnya adalah perubahan-perubahan pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau pengaruh yang berarti bagi masyarakat. sebaliknya proses industrialisasi yang berlangsung dalam masyarakat agraris membawa pengaruh yang besar bagi masyarakat. berbagai lembaga kemasyarakatan akan ikut terpengaruh seperti hubungan kerja, sistem milik tanah, hubungan kekeluargaan, stratifikasi masyarakat dan sebagainya.

3.      Perubahan yang dikehendaki atau perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki atau perubahan yang tidak direncanakan.
Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan merupakan perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan dalam masyarakat. pihak-pihak yang menghendaki perubahan disebut agent of change.  Agent of change memimpin masyarakat dalam mengubah sistem sosial.

Perubahan sosial yang tidak dikehendaki atau direncanakan merupakan perubahan sosial yang terjadi tanpa dikehendaki, berlangsung diluar jangkauan masyarakat dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat.

Sumber dari perubahan sosial bisa berasal dari dalam masyarakat itu sendiri antara lain bertambah atau berkurangya penduduk, penemuan-penemuan baru, revolusi, pertentangan dalam masyarakat. suatu perubahan sosial dan kebudayaan dapat pula bersumber pada sebab-sebab yang berasal dari luar masyarakat antara lain bencana alam, peperangan dan pengaruh dari kebudayaan lain (Soekanto, 2007: 275-282).


D.    Tinjauan mengenai Komunikasi

Menurut Theodornoson and Theodornoson (1969), memberi batasan mengenai lingkup communication berupa penyebaran informasi, ide-ide, sikap-sikap, atau emosi dari seseorang atau kelompok kepada yang lain (atau yang lainnya) terutama melalui simbol-simbol.

Sosiologi komunikasi merupakan kekhususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh mempengaruhi antara para individu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok. Sosiologi komunikasi juga dikaitkan dengan  public speaking yaitu bagaimana seorang berbicara kepada publik.

Komunikasi di dalam masyarakat dibagi menjadi 5 jenis :
1.      Komunikasi individu dengan individu (komuniokasi antar pribadi)
Komunikasi antar perseorangan yang bersifat pribadi, baik yang terjadi secara langsung (tanpa medium).
2.      Komunikasi kelompok
Memfokuskan pada interaksi diantara orang-orang dalam kelompok-kelompok kecil.


3.      Komunikasi Organisasi
Bentuk komunikasi yang terjadi dalam konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok.
4.      Komunikasi sosial
Salah satu bentuk komunikasi yang intensif, dimana komunikasi terjadi secara langsung antara komunikator dan komunikan sehingga situasi komunikasi berlangsung dua arah dan lebih ditunjukan pada suatu proses integrasi sosial.
5.      Komunikasi massa
komunikasi yang berlangsung pada masyarakata luas dan melibatkan adanya suatu media massa.

Komunikasi merupakan aktivitas pertukaran, partisipan komunikasi membangun makna dari pesan secara koorperatif. Di dalam proses komunikasi, partisipasi, partisipan komunikasi selalu menegosiasikan makna. Dalam suatu proses negosiasi latar belakang dari masing-masing partisipan akan sangat berpengaruh dalam membangun kesamaan. Makna akan terbangun melalui irisan bidang pengalaman diantara mereka, semakin lebar irisan bidang pengalaman maka akan lebih mudah untuk mencapai suatu kesamaan makna.

Proses komunikasi dapat terbentuk melalui keseluruhan aspek yang membentuk suatu aktivitas atau kegiatan tertentu, komunikasi dapat terbentuk melalui berbagai unsur-unsur komunikasi.
1.      Komunikasi sebagai sumber informasi (souerce)
Merupakan orang yang mengirimkan pesan dengan berbagai pertimbangan hingga pesan yang tercipta dapat dikomunikasikan melalui saluran tertentu kepada orang lain.
2.      Pesan (Message)
Pesan merupakan suatu simbol baik verbal ataupun nonverbal yang merupakan isi dari komunikasi.
3.      Saluran atau media (Channel)
Media merupakan sarana sebagai alat untuk menyampaikan pesan.
4.      Komunikan, penerima informasi (Receiver)
Komunikan merupakan orang yang menerima pesan dengan proses pemaknaan yang mereka lakukan melalui analisa dan interprestasi hingga mencapai suatu makna simbol.
5.      Umpan Balik (Feedback)
Umpan balik merupakan bentuk respon atau tanggapan seorang komunikan setelah mendapatkan pesan.
6.      Gangguan Komunikasi
Gangguan komunikasi dapat terjadi sehingga menyebabkan penurunan efektivitas proses komunikasi, gangguan dapat bersifat teknis atau sistematis.






BAB III
METODE PENGUMPULAN DATA

A.    LOKASI OBSERVASI

Observasi ini mengambil lokasi  di wilayah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Observasi ini mengambil lokasi tersebut karena ingin membuktikan pengaruh penggunaan BlackBerry dalam kehidupan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Apakah penggunaan BlackBerry berpengaruh terhadap perubahan sosial dari setiap individu yang menggukan handphone tersebut atau tidak.

B.     WAKTU OBSERVASI

Observasi ini dilakukan dalam beberapa waktu, yaitu:
1.      Hari           : Kamis, Jumat, dan Senin
2.      Tanggal     : 21 maret, 29 maret, dan 1 april.

C.     TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Penelitian yang kelompok kami lakukan memerlukan beberapa teknik untuk mengumpulkan data, dimana masing-masing teknik tersebut saling melengkapi satu sama lain. Adapun teknik-teknik yang digunakan adalah sebagai berikut:

1.      Wawancara
Teknik wawancara ini dilakukan dengan membuat pedoman wawancara yang relevan dengan permasalahan yang kemudian digunakan untuk tanya jawab. Teknik wawancara adalah adalah cara yang digunakan jika seseorang ingin mendapatkan data-data atau keterangan secara lisan dari seorang responden. Dalam teknik ini kami menggunakan metode wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, terlebih dahulu penulis menentukan individu-individu yang akan dijadikan informan yaitu pengguna handphone BlackBerry yang berada di fakultas ilmu sosial universitas negeri Yogyakarta.

2.      Observasi
Observasi dilakukan ditempat-tempat yang akan dijadikan sebagai objek penelitian, yaitu wilayah fakultas ilmu sosial universitas negeri Yogyakarta.
Peneliti mengamati para pengguna handphone BlackBerry dan bagaimana sikapnya terhadap teman-temannya.



3.      Studi Pustaka
Teknik lain dalam pengumpulan data ini adalah melalui studi pustaka, hal ini sangat penting sekali untuk mengetahui relevansinya dengan data juga untuk menerapkan metode-metode penelitian serta merpedalam teori tentang komunikasi budaya.

4.      Dokumentasi
Hal ini dilakukan dengan cara mengkaji sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan pokok bahasan permasalahan. Adapun sumber yang penulis gunakan dalam penulisan adalah buku-buku, internet, media masa yang relevan dan berkaitan dengan pokok permaslahan. Dokumentasi meliputi pula gambar-gambar dan arsip mengenai serangkaian kegiatan dalam pengumpulan data.


 
 



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil wawancara kelompok kami di sekitar komplek fakultas ilmus sosial, kami dapat menyimpulkan beberapa hal dari pertanyaan yang kami buat.

Berdasarkan pertanyaan yang kami buat pertama dapat kami simpulkan responden yang kami wawancarai rata-rata  menggunakan BlackBerry baru dalam rentang waktu kurang dari satu tahun. Selain itu kami menyimpulkan rata-rata mahasiswa-mahasiswi di lingkungan FIS menggunakan BlackBerry tipe curve.
           
Sebagaian besar dari mahasiswa-mahasiswi mendapatkan handphone BlackBerry dari orang tua mereka, walaupun bebarapa dari mereka mendapatkannya dari usaha mereka sendiri. baik yang bekerja maupun menabung. Selain itu alasan mereka memilih menggunakan BlackBerry karena mengikuti teman atau dapat pula disebut mengikuti trend yang ada dilingkungannya terutama lingkungan pergaulan mereka. Alasan lainnya adapula yang menggunakan BlackBerry sebagai prestige dirinya dalam lingkungan pergaulannya.
           
Dari hasil wawancara, responden memilih menggunakan blackberry dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya karena dengan koneksi internetnya yang cepat dan didukung dengan fiture dan aplikasi yang ada mendukung mereka untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dll. selain itu adapula mereka yang menggunakanya untuk berbisnis. Dari aplikasi-aplikasi yang ada di dalam blackberry, rata-rata dari mereka mereka menggunakan BlackBerry Messager, Facbook, Twitter, WhatsApp dan Yahoo. Sementara aplikasi yang baru yang digunakan mereka adalah line, wechat, kakaotalk, dan lain sebagainya.
Sementara untuk pulsa yang mereka keluarkan dalam satu bulannya bervariasi, ada yang satu bulan 30 ribu rupiah dan yang paling mahal mencapai 300 ribu rupiah perbulannya.

            Para mahasiswa-mahasiswi FIS rata-rata setuju dengan merebaknya blackberry dimasyarakat. Menurut mereka dengan demikian komunikasi yang terjalin antara masyarakat  satu dengan yang lainnya dapat terjalin semakin mudah. Sehingga mereka berpendapat blackberry berpengaruh terhadap kehidupan mereka walau tidak dalam segala aspek kehidupan.

            Penggunaan BlackBerry di kalangan mahasiswa-mahasiswi membawa banyak dampak baik yang positif maupun negatif. Dampak positifnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Dan dampak negatifnya bahwa banyak dari mereka yang keasyikan bermain dengan blackberrynya sehingga malas untuk belajar, dan pada waktu ada perkuliahan mereka lebih sering untuk BBMan, Facebookan, dan Twitteran daripada harus mendengarkan dosen yang sedang menjelaskan ataupun teman yang sedang presentasi, dan penulis kami berpendapat bahwa terkadang handphone itu mendekatkan yang jauh dan menjaukan yang dekat. Selain itu pula terkadang ada mahasiswa – mahasiswi yang membrowsing materi padahal ia sedang manjalankan ujian tengah semester (UTS).

            Berkaitan dengan status sosial mereka didalam masyarakat, sebagian besar dari responden yang kami tanya berpendapat bahwa blackberry berpengaruh pada status sosial mereka. Hal tersebut dikarenakan dalam suatu masyarakat kini kadang penilaian status oleh masyarakat dilihat dari barang mewah yang dimiliki dan blackberry termasuk barang mewah karena harganya yang cenderung dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah keatas.

            Merebaknya blackberry di masyarakat berpengaruh pada pola interaksi dengan teman dan masyarakat lain di lingkungan hidup mereka yang menggunakan blackberry. Dilihat dari sisi positif, komunikasi antar individu dengan individu lain semakin mudah namun dari sisi negatif menimbulkan sosialisasi langsung antar individu di masyarakat semakin berkurang.


 



BAB V
KESIMPULAN

Penggunaan blackberry dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya karena dengan koneksi internetnya yang cepat dan didukung dengan fiture dan aplikasi yang ada mendukung mereka untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dll. selain itu adapula mereka yang menggunakanya untuk berbisnis. Dari aplikasi-aplikasi yang ada di dalam blackberry, rata-rata dari mereka mereka menggunakan BlackBerry Messager, Facbook, Twitter, WhatsApp dan Yahoo. Sementara aplikasi yang baru yang digunakan mereka adalah line, wechat, kakaotalk, dan lain sebagainya.

            Dan dampak negatifnya bahwa banyak dari mereka yang keasyikan bermain dengan blackberrynya sehingga malas untuk belajar, dan pada waktu ada perkuliahan mereka lebih sering untuk BBMan, Facebookan, dan Twitteran daripada harus mendengarkan dosen yang sedang menjelaskan ataupun teman yang sedang presentasi, dan penulis kami berpendapat bahwa terkadang handphone itu mendekatkan yang jauh dan menjaukan yang dekat. Selain itu pula terkadang ada mahasiswa – mahasiswi yang membrowsing materi padahal ia sedang manjalankan ujian tengah semester (UTS).
           
Merebaknya blackberry di masyarakat berpengaruh pada pola interaksi dengan teman dan masyarakat lain di lingkungan hidup mereka yang menggunakan blackberry. Dilihat dari sisi positif, komunikasi antar individu dengan individu lain semakin mudah namun dari sisi negatif menimbulkan sosialisasi langsung antar individu di masyarakat semakin berkurang.



 





DAFTAR PUSTAKA

Soenarso, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan PKN Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta:    UNY Press.

Taneko, Soleman B. 1984. Struktur dan Proses Sosial dari suatu Pengantar Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Rajawali.

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja  Grafindo Persada.

Bugin, Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.





















LAMPIRAN

A.    FOTO
http://rimdevblog.files.wordpress.com/2013/02/devblog-sencha.png
Gambar blackberry


Gambar BlackBerry Strom
Gambar BlackBerry Curve
Gambar hasil wawancara

Gambar hasil wawancara

Gambar hasil wawancara

B.     DAFTAR PERTANYAAN
1.      Sudah berapa lama anda menggunakan blackberry?
2.      Tipe blackberry apa yang anda gunakan?
3.      Darimana anda mendapatkan blackberry?
4.      Apakah alasan anda menggunakan blackberry?
5.      Apakah yang menarik dari blackberry?
6.      Fitur apa yang sering anda gunakan dalam menggunakan blackberry?
7.      Berapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk membeli pulsa?
8.      Apakah menggunakan blackberry termasuk dalam gaya hidup. Jelaskan?
9.      Bagaimana menurut pendapat anda mengenai merebaknya blackberry dimasyarakat?
10.  Menurut anda, apakah menggunakan blackberry berpengaruh pada status sosial dalam masyarakat? apa alasannya?
11.  Apakah ada perbedaan interaksi dengan teman setelah dan sebelum menggunakan blackberry?
12.  Apa dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari penggunaan blackberry?